Wednesday, May 1, 2013

@ MEI 2013

Mei 3013


Satu menit …
Rabu, 01 Mei 2013

Sebab dapatkah disebut pujian, jika kamu menderita pukulan karena kamu berbuat dosa? Tetapi jika kamu berbuat baik dan karena itu kamu harus menderita, maka itu adalah kasih karunia pada Allah.
(1Petrus 2:20)

Jika kita menanggapi ketidakadilan seperti Kristus, maka kegelisahan, ketakutan, akan berubah menjadi ketenangan dan pengharapan.
Ketika kita melayani Allah tanpa membekali diri dengan kasih ilahi, maka sia-sialah semua jerih payah pelayanan yang telah kita lakukan.
:::HDJ

Satu menit …
Kamis, 02 Mei 2013

Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
(Roma 8:6)

Setiap kita, baik yang sehat secara fisik maupun jiwa atau yang tengah menderita secara fisik ataupun emosional, harus punya alasan untuk hidup bagi Yesus.
Kita yang hidup dalam daging, membuka peluang untuk berseteru terhadap Allah mengakibatkan kita tidak mungkin berkenan kepada-Nya.
:::HDJ

Satu menit …
Jumat, 03 Mei 2013

sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
(Yakobus 1:3)

Sudah selayaknya kita orang Kristen dapat bersukacita ketika mengalami pencobaan, karena intinya adalah ujian bagi iman.
Dan menjadi orang yang paling bergembira dan penuh rasa syukur atas berkat Allah, karena kita telah dapat lolos menghadapi berbagai ujian hidup yang berat.
:::HDJ

Satu menit …
Sabtu, 04 Mei 2013

tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.
(Matius 5:24)

Kemarahan tidak terkendali dapat menyeret kita kepada dosa, berdampak bagi kehidupan ibadah dan dapat menyeret kita masuk ke lembah duka.
Kita harus segera menghampiri kerabat, teman atau saudara di dalam Kristus yang perlu segera diajak berdamai demi menghapus perseteruan.
:::HDJ

Satu menit …
Minggu, 05 Mei 2013

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.
(Mazmur 55:23)

Kekuatiran adalah beban yang sebenarnya tidak perlu kita tanggung. Kita harus serahkan kekuatiran2 itu kepada Dia yang memelihara kita!
Betapapun berat tantangan yang kita hadapi, jangan pernah kita berhenti berseru kepada TUHAN, percaya pertolongan-Nya pasti datang.
:::HDJ

Satu menit …
Senin, 06 Mei 2013

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.
(Ibrani 10:24)

Sebagai sesama pemercaya Kristus, kita harus saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan, saling menasihati.
Meminta kepada Allah agar membantu kita dapat bersandar hanya kepada-Nya dan belajar untuk dapat merasakan puas dalam segala keadaan.
:::HDJ

Satu menit …
Selasa, 07 Mei 2013

Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.
(2Korintus 9:6)

Dia ajar kita untuk mengukur arti hidup dengan apa yang hilang, bukan dari apa yang kita peroleh, berkorban, meluangkan waktu, mencurahkan kasih pada sesama.
Memberi bukan berarti kehilangan, melainkan seperti kita menanam bibit tanaman buah yang akan menghasilkan panenan buah pada waktunya.
:::HDJ

Satu menit …
Rabu, 08 Mei 2013

Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."
(Matius 4:4)

Menghadapi setiap pencobaan kita harus mencontoh Yesus yang tunduk pada kekuasaan Firman Allah dan bukan kepada keinginan kehendak diri sendiri.
Meneladani Yesus yang tidak mau mengadakan mukjizat untuk menghindari penderitaan pribadi apabila penderitaan tersebut merupakan bagian dari kehendak Allah bagi-Nya.
:::HDJ

Satu menit …
Kamis, 09 Mei 2013

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
(Filipi 4:6)

Pusatkan pikiran kita pada kebaikan dan pemeliharaan Allah yang penuh kasih, bukan pada berbagai masalah yang menggelisahkan hidup kita.
Sukacita dan damai sejahtera tidak terpengaruh oleh situasi keadaan, tetapi karena adanya keakraban kita dalam berhubungan dengan sesama orang Kristen dan terutama dengan Tuhan.
:::HDJ

Satu menit …
Jumat, 10 Mei 2013

Dan kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang, sama seperti kami juga mengasihi kamu.
(1Tesalonika 3:12)

Tolonglah kami untuk menyatakan kasih kepada orang-orang yang kami kasihi sebelum terlambat, dan sebelum kerinduan kami itu tinggal angan-angan.
Sehingga kita dapat saling berbagi dan mengasihi, bergembira, memiliki ketenangan hati, menjadi sabar, setia dan baik terhadap sesama.
:::HDJ

Satu menit …
Sabtu, 11 Mei 2013

Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku.
(Mazmur 139:5)

Allah tahu semua pikiran, motivasi, keinginan, dan ketakutan didalam hati kita, Dia mengerti akan kebiasaan dan perilaku lahiriah kita.
Allah maha tahu, jika kita merasa tertekan, kita harus tahu bahwa Dia ada lebih dekat dengan kita dibandingkan berbagai situasi sulit yang kita hadapi.
:::HDJ

Satu menit …
Minggu, 12 Mei 2013

Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi!
(Yakobus 5:13)
Alkitab mengajak kita untuk mencari kekuatan dari Allah melalui doa, harus mendekati Dia melalui perantara-Nya, Yesus Kristus.
Doa harus menjadi prioritas pilihan utama dan tanggapan pertama kita, bukan menjadikannya sebagai bagian dari usaha yang paling terachir.
:::HDJ

Satu menit …
Senin, 13 Mei 2013

Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.
(Mazmur 73:26)

Iman harus bersandar penuh kepada Allah, dan menjadikan seluruh hidup baik yang sedang kita lalui kini maupun tujuan kekal kelak sepenuhnya dari Tuhan, oleh Tuhan, untuk Tuhan saja.
Berapapun usia, bagaimanapun keadaan kita, sebagai seorang kristiani kita harus memiliki, pengharapan akan kehidupan kekal di-surga!
:::HDJ

Satu menit …
Selasa, 14 Mei 2013

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
(Yohanes 3:16)

Kita ingat palungan Betlehem dan salib Kalvari, itulah anugerah pemberian Allah bagi kita manusia, merupakan "karunia-Nya yang tak terkatakan!"
"Hidup kekal" adalah karunia anugerah dari Allah bagi setiap kita yang telah dilahirkan kembali.
:::HDJ

Satu menit …
Rabu, 15 Mei 2013

Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
(Yakobus 4:3)

Doa tidak dijawab sebab kita egois salah berdoa, doa adalah sarana komunikasi dengan Allah tidak kita salahgunakan demi tercapainya kehendak diri.
TUHAN tahu doa kita, juga mendengar doa kita, Dia kabulkan doa kita jika sesuai kehendak-Nya.
:::HDJ

Satu menit …
Kamis, 16 Mei 2013

Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.
(Galatia 6:1)

Ketika perlu menegur, kita harus melakukannya seperti Yesus memperlakukan kita, lembut tetapi tegas dan cepat mengampuni.
Roh Kudus menetapkan standar yang tinggi atas orang percaya yang tabah dan setia kepada Yesus Kristus dan prinsip-prinsip kebenaran-Nya, sehingga dapat menjadi teladan kesetiaan, kebenaran, kejujuran, dan kekudusan.
:::HDJ

Satu menit …
Jumat, 17 Mei 2013

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.
(1Petrus 5:7)

Kekuatiran kecil kita amat sangat berarti bagi TUHAN,
limpahkan segala kekuatiran kita kepada-Nya karena Dia sangat mempedulikan kita!
Segala ketakutan, kekuatiran, dan keprihatinan harus diserahkan sepenuhnya kepada Allah, Dia pemelihara kita.
:::HDJ

Satu menit …
Sabtu, 18 Mei 2013

Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.
(Matius 12:7)

Marilah menolong mereka yang membutuhkan, memulihkan yang putus asa.
Allah memberi kita kasih karunia untuk menolong orang lain,
bagi kemuliaan-Nya.
Hidup bersama Tuhan tidak selamanya penuh penderitan,
karena ada sukacita,
kita nikmati dan hayati persekutuan kudus bersama-Nya.
:::HDJ

Satu menit …
Minggu, 19 Mei 2013

Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
(Kisah Para Rasul 16:25)

Allah sediakan kasih karunia bagi setiap kita yang ada dalam kehendak-Nya dan menderita karena nama-Nya
Cara hidup kita dapat mempengaruhi orang lain untuk menjadi baik, atau menjadi jahat.
Kita harus dapat memberi pengaruh baik bagi orang lain.
:::HDJ

Satu menit …
Senin, 20 Mei 2013

Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. Sebab TUHAN mempunyai alas bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan.
(1Samuel 2:8)

Orang lemah di bela Allah dengan membalikkan kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang fasik dan jahat.
Kita yang lemah, tertindas, hina, ditinggikan Allah dan diberikan kehormatan.
Tidak ada perbedaan ataupun cela kita dihadapan Tuhan, diletakkan-Nya kita dimahligai-Nya.
Dia menegakkan dan melindungi kita, karena Dia yang punya segalanya.
:::HDJ

Satu menit …
Selasa, 21 Mei 2013

Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
(Matius 15:18)

Sebagai murid Kristus kita harus menjaga hati agar tetap bersih sehingga setiap perkataan kita mencerminkan kesalehan yang sejati!
Menumbuhkan firman-Nya di dalam hati, agar kita memiliki kebenaran-Nya, mampu menolak segala tindakan dan perbuatan penyebab dosa.
:::HDJ

Satu menit …
Rabu, 22 Mei 2013

Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.
(Roma 5:15)

Keselamatan kita telah dibayar mahal oleh Allah diberikan cuma-cuma bagi kita.
Sudahkah kita menerima tawaran keselamatan dari Yesus Kristus?
Kiranya Tuhan memimpin kita untuk tegas memilih jalan anugerah keselamatan-Nya, daripada memilih jalan menuju kebinasaan.
:::HDJ

Satu menit …
Kamis, 23 Mei 2013

Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.
(Efesus 4:25)

Melakukan kasih Kristus dalam kehidupan adalah sebuah keharusan,
menjadi bukti sekaligus kesaksian nyata kita bagi kemuliaan Allah.
Kesatuan kita dengan Kristus merupakan dasar kesatuan kita dengan sesama,
sehingga menjadi dasar kehidupan kita untuk dapat saling mengasihi dan saling mengampuni.
:::HDJ

Satu menit …
Jumat, 24 Mei 2013

Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!
(Roma 12:21)

KRISTUS, mengajar kita untuk senantiasa membenci kejahatan, selalu terus-menerus mengejar kebaikan.
Membalas kejahatan dengan kebaikan, mengutamakan hidup damai, karena kita tahu penghukuman adalah mutlak hak TUHAN.
:::HDJ

Satu menit …
Sabtu, 25 Mei 2013

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
(Ibrani 10:25)

Kekudusan Kristen menjadi nyata ketika kita dapat berbagi dan hidup dengan orang lain, memberi, menerima, saling mendorong satu dengan yang lain dalam kasih dan perbuatan baik.
Iman kristiani tidak memberi ruang kepada orang yang egois, kita memuliakan Tuhan dengan bertumbuh dalam iman dan menjadi saksi yang teguh bagi dunia.
:::HDj

Satu menit …
Minggu, 26 Mei 2013

Seperti air sejuk bagi jiwa yang dahaga, demikianlah kabar baik dari negeri yang jauh.
(Amsal 25:25)

Teguran bijaksana akan terdengar indah di telinga orang yang ditegur,
perkataan lembut dapat memenangkan hati yang keras.
Kabar baik itu bukanlah Yesus hidup lalu mati, melainkan Dia mati lalu hidup,
menjadikan kita bersukacita, dapat menceritakannya kepada orang lain.
:::HDJ

Satu menit …
Senin, 27 Mei 2013

Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.
(Efesus 4:25)

Orang Kristen yang benar tidak berkata dusta, mampu mengendalikan diri dalam keadaan marah, tidak emosional, dapat menjaga tutur kata sehingga tidak berkata kotor.
Jika Kristus telah melakukannya untuk kita, maka hal-hal yang tidak mungkin bagi kebanyakan orang menjadi mungkin bagi kita.
:::HDJ

Satu menit …
Selasa, 28 Mei 2013

Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar.
(1Petrus 3:14)

Tidak seorang pun dari kita yang ingin hidup susah, sekalipun kita telah melakukan apa yang benar dan baik sesuai dengan kehendak Allah, namun seringkali penderitaan hadir dan tidak dapat dihindari.
Kita pegang janji Tuhan bagi umat-Nya yang sedang mengalami penderitaan,
Dia yang telah berkenan mengizinkan kita mengalami penderitaan tidak akan pernah berhenti menopang, memberi kekuatan dan menghibur kita.
:::HDJ

Satu menit …
Rabu, 29 Mei 2013

dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan
(Efesus 5:10)

Apapun yang sedang kita kerjakan hendaklah memohon bimbingan Tuhan agar dituntun-Nya kita kepada hidup yang bijaksana,
yang menjadikan kita mengerti kehendak Tuhan dalam kehidupan.
Menggunakan waktu dengan benar untuk pekerjaan dan pelayanan Tuhan,
bukan untuk hidup dalam berbagai kecemaran dosa yang menyesatkan dan membawa kita kepada kebinasaan.
:::HDJ

Satu menit …
Kamis, 30 Mei 2013

Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya,
(Ratapan 3:22)

Karena belas kasihan dan kemurahan Tuhan, keselamatan tersedia bagi kita dan orang-orang yang bertobat dari dosa dan kembali datang kepada-Nya.
Kita harus mengingat kesetiaan dan kasih Allah, kita harus berterima kasih kepada-Nya atas semua yang diberikan-Nya bagi kita!
:::HDJ

Satu menit …
Jumat, 31 Mei 2013

Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut.
(Amsal 20:19)

Kita harus berupaya memiliki hati nurani yang dimurnikan Tuhan, agar dapat mendengarkan-Nya saat kita butuh pertimbangan atas rencana yang kita buat.
Bijaksana menghadapi orang yang suka membicarakan orang lain, sebab pasti dia juga membicarakan tentang kita kepada orang lain.

:::HDJ

No comments: