Tuesday, July 1, 2014

@ JULI 2014


JULI 2014

Satu menit …
Selasa, 01 Juli 2014
Hati yang gembira adalah obat yang manjur
(Amsal 17:22)
Iman harus berakar kuat di dalam Allah, tahu dan yakin bahwa hidup kita ada di bawah control kendali-Nya, Dia membuat kita selalu mampu bersukacita karena bersamanya kita memiliki alasan kuat  untuk dapat bergembira bersama Dia.
Apapun keadaannya kita harus menjaga hati untuk tetap bergembira di segala situasi sehingga dampak positifnya berimbas kepada orang di sekeliling kita, janganlah ada kuatir di hati kita, senantiasa bersukacita karena Jesus ada didalam hidup kita.
-HDJ
Satu menit …
Rabu, 02 Juli 2014
Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu"
(Lukas 1:38)
Agar kita dapat memiliki sikap yang sama seperti Maria, tidak ada cara lain selain  mempercayai bahwa dalam segala hal, baik atau buruk, kehendak Allah itu sangat baik, sangat berkenan dan sempurna.
Sebagai orang beriman marilah kita senantiasa hidup taat kepada kehendak dan perintah Allah, bersikap rendah hati dalam menghayati perintah Allah, hidup dengan senantiasa melakukan apa yang baik demi memberi sukacita bagi banyak orang.
-HDJ
Satu menit …
Kamis, 03 Juli 2014
Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku
(Yakobus 2:18)
Ketika pelayanan berpusat hanya kepada kepentingan diri, mengabaikan kepentingan orang lain bahkan melupakan-Nya, kita tidak dapat menjadi terang yang bercahaya, kita akan tetap tinggal dalam kegelapan yang menyeret kita kepada kebinasaan kekal.
Kita harus menjadikan kekristenan sebagai iman sekaligus adalah juga nyata dalam perbuatan, selalu berkomunikasi dengan Allah melalui doa, mempelajari Injil dan melayani sesama kita untuk menyampaikan berita keselamatan.
-HDJ
Satu menit …
Jumat, 04 Juli 2014
Janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!"
  (Yakobus 1:13)
Menyadari kesalahan dan bersungguh hati mengakui dosa, kita pasti diampuni-Nya, kita dapat berbuat salah, dapat melakukan kebodohan, tidak mengikut sertakan Tuhan ketika kita merencanakan sesuatu, namun Dia pasti menyertai kita mengatasi masalah.
Allah Maha Kuasa pengendali segala sesuatu, Dia tidak pernah mencobai siapapun, kesulitan yang timbul menjadi pencobaan adalah karena ulah kesalahan diri, karena timbul dari kesombongan akibat berbagai kehendak keinginan sendiri.
-HDJ
Satu menit …
Sabtu, 05 Juli 2014
Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
(1Korintus 10:31)
Mensyukuri segala kebutuhan makan minum sebagai anugerah yang berasal dari kemurahan-Nya, Dia adalah sumber hidup, kita bersikap hormat, sopan dan santun serta dengan rendah hati menerimanya disertai ucapan syukur.
Secara halus Iblis menyerang Adam dan Hawa melalui keinginan daging, lewat keinginan mata dan keangkuhan hidup, apa pun yang Iblis tawarkan dan lakukan mari kita teladani Jesus dan memuliakan-Nya.
-HDJ
Satu menit …
Minggu, 06 Juli 2014
Sungguh aku telah menjadi bodoh; tetapi kamu yang memaksa aku. Sebenarnya aku harus kamu puji. Karena meskipun aku tidak berarti sedikit pun, namun di dalam segala hal aku tidak kalah terhadap rasul-rasul yang luar biasa itu.
(2Korintus 12:11)
Tidak layak berbangga diri atas sedikit pelayanan yang kita lakukan, tidak menjadi berponggah sombong dan bermegah diri, menyadari bahwa kita adalah alat yang Tuhan pakai untuk melakukan mengerjakan pekerjaan-Nya, kemuliaan hanya bagi Dia.
Berupaya untuk berkarya dan bekerja lebih giat memberitakan Injil, agar kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepada kita tidak menjadi percuma, berkerja bukan untuk diri kita tetapi untuk kasih karunia Allah yang senantiasa menyertai kita.
-HDJ
Satu menit …
Senin, 07 Juli 2014
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna"
(2Korintus 12:9)
Kita sangat membutuhkan Allah, Dia memberikan kepada kita kekuatan agar mampu bertahan disaat menghadapi tantangan, Allah mengajarkan kepada kita untuk percaya, Dia ingin kita kuat didalam kekuatan kuasa-Nya.
Allah mengijinkan badai menerpa hidup agar membuat kita mengerti bahwa harus bersandar kepada-Nya, menjaga diri tidak terperosok kekubangan dosa, Dia tunjukkan kepada kita bahwa kekuatan adalah dari Dia, bukan karena kemampuan kita.
-HDJ
Satu menit …
Selasa, 08 Juli 2014
Sebab oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan jiwanya untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku
(Filipi 2:30)
Kekristenan tidak sekedar berbicara tentang berkat jasmani, paling terutama adalah  bersedia meneladani Kristus melalui penyangkalan diri, mau memikul salib, siap menderita dan dengan sepenuh hati mengikuti Kristus.
Membuang keegoisan dengan terus berusaha membangun melayani orang lain lewat ucapan kata kita kepada mereka berdasarkan Injil, Allah pasti menghargai tenaga, tetesan air mata, keringat yang kita curahkan demi untuk melayani Kristus dan sesama.
-HDJ
Satu menit …
Rabu, 09 Juli 2014
Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.
(Ibrani 10:36)
Dibutuhkan kesabaran, ketekunan dalam menghadapi berbagai situasi buruk yang kita hadapi agar tidak terbawa terjebak keluar dari kehendak-Nya, pengenalan kita akan firman Tuhan memampukan kita mengerti kehendak Allah yang baik, yang sempurna.
Senantiasa bertekun dalam pengharapan, kita pegang janji Tuhan atas penyertaan-Nya kepada kita dalam menghadapi tantangan dan berbagai pencobaan, kebenaran-Nya dan kasih kuasa-Nya akan meneguhkan iman kita untuk tetap setia kepada-Nya
-HDJ
Satu menit …
Kamis, 10 Juli 2014
Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum
(Amsal 11:25)
Hanya ingin menerima dan mendapatkan adalah kelemahan sifat alamiah kita, prinsip yang berlawanan dengan rencana-Nya adalah ketika rela melepaskan apa yang kita miliki bagi sesama, Tuhan pasti mencurahkan juga berkat anugerah-Nya bagi kita.
Kita dapat mewujudkan kehidupan benar, merasakan damai sejahtera dengan berbagi anugerah yang sudah kita terima dari Tuhan, menyalurkan berkat kepada mereka yang membutuhkan, Dia menjamin menjadikan kita tidak pernah berkekurangan.
-HDJ
Satu menit …
Jumat, 11 Juli 2014
Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku
(Filipi 4:13)
Kita gunakan kekuatan yang telah diberikan Kristus untuk memberi pertolongan, membantu memenuhi kebutuhan sesama, memberi jalan keluar dan meringankan beban yang sedang menerpa mereka, kita lakukan atas nama Tuhan dengan penuh sukacita.
Dari anugerah dan oleh anugerah, demikian seharusnya kita orang beriman bertumbuh, pertumbuhan yang membuat kita memiliki pengetahuan akan firman Tuhan yang mengubah pola piker dan cara hidup kita.
-HDJ
Satu menit …
Sabtu, 12 Juli 2014
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
(1Yohanes 4:7)
Kasih seharusnya berlaku tanpa bersyarat, bagi kita atau siapapun demi untuk membuang kebencian serta keinginan membalas dendam, mengatasi keponggahan diri dan senantiasa taat berusaha mempraktekkan kasih di dalam kehidupan kita.
Allah adalah sumber kasih, Dialah kasih itu sendiri, hendaklah diantara kita saling membantu, saling mengasihi, sebab kasih membuat kita dapat menjadi intim dengan Allah membuat kasihnya terus mengalir atas kita sebab kasih Allah tidak terbatas.
-HDJ
Satu menit …
Minggu, 13 Juli 2014
Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
 (2Korintus 9:8)
Allah adalah sumber segala berkat yang kita terima, Dia Pencipta yang sangat murah hati, yang memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati, Dia memberi kepada setiap kita anak-Nya sebagai tebusan sesuai dengan rencana dan maksud-Nya.
Kita mengasihi Yesus lebih dari nilai uang dan harta, kita tahu bahwa Dia adalah yang terbesar dan adalah segalanya dalam hidup kita, rasa cukup dan kemurahan hati berlawanan dengan segala ketamakan.
Satu menit …
Senin, 14 Juli 2014
Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya Tuhan
(Mazmur 139:4)
Dia senantiasa mendengarkan kita, kasih yang tiada batas selalu ada di hati-Nya, Dia mengerti dan tahu menanggapi kebutuhan kita, Dia peka akan perasaan hati kita yang tak terucapkan, Dia amat sangat menyayangi mengasihi kita.
Menghadapi segala permasalahan, kita harus tekun berdoa dengan sungguh dan senantiasa memiliki kesabaran dalam menantikan hasilnya yang pasti luar biasa, yang sama sekali tidak terbayangkan oleh nalar akal pikiran kita manusia.
-HDJ
Satu menit …
Selasa, 15 Juli 2014
Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi
(1Timotius 6:18)
Sudah seharusnya kita tetap rendah hati dan hanya berharap sepenuhnya kepada Allah yang penuh kasih, tidak berbangga diri mengandalkan segala harta kekayaan,  menjaga karakter kita agar tidak berubah menjadi tinggi hati.
Alkitab meyakinkan kita, Allah telah menyediakan berkat melimpah, oleh anugerah-Nya kita memiliki segala yang kita perlukan, tetapi sumber pengharapan kita bukanlah harta dunia, penjamin hidup kita adalah Allah pemilik seluruh alam semesta.
-HDJ
Satu menit …
Rabu, 16 Juli 2014
Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
(Yeremia 17:7)
  Menghadapi berbagai tantangan; keuangan, sakit penyakit, perseteruan dan banyak hal lain, banyak di antara kita sudah melibatkan Tuhan, namun terlalu banyak diantara kita goyah iman, berpikir Tuhan tidak peduli dan tidak berbuat sesuatupun.
Harus percaya selalu mengandalkan Tuhan dalam menyelesaikan masalah, Iman membuat kita dapat menerima ide dari Tuhan yang harus segera kita lakukan dalam tindakan nyata, ketika tiba pertolongan kita terima  dengan penuh pengucapan syukur.
-HDJ
Satu menit …
Kamis, 17 Juli 2014
Aku hidup dengan tenteram, tetapi Ia menggelisahkan aku
(Ayub 16:12)
Jangan menjadi takut menghadapi perubahan jika memang itu berasal dari Dia yang kasih-Nya kepada kita tak pernah berubah, Dia selalu bekerja untuk kebaikan, agar kita dapat layak meneladani Kristus.
Ketika kita berpikir berdasarkan kacamata Iman, mata rohani kita akan menjadi terbuka mampu melihat fakta kebenaran sehingga sangat mudah bagi kita untuk menolong dan membantu dengan tepat pergumulan dan penderitaan orang lain.
-HDJ
Satu menit …
Jumat, 18 Juli 2014
Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
(Yohanes 1:1) 
Dia mengutus Anak-Nya untuk menjadi daging seperti kita, hidup sebagai manusia dan menjadi yang termulia dari seluruh rencana Allah, segala sesuatu dijadikan-Nya, tanpa Dia tidak ada sesuatu pun yang jadi dari segala yang telah dijadikan.
Bersama-Nya, kita pasti menang dalam menghadapi kuasa kegelapan yang rencananya selalu menipu, berdusta, penuh berbagai hal yang jahat, Allah senantiasa membawa kita kepada kehidupan yang damai sejahtera didalam kebenaran-Nya
-HDJ
Satu menit …
Satu menit …
Sabtu, 19 Juli 2014
Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
(Yakobus 1:22)
Senantiasa dapat menjadi bijak selalu menjaga hati untuk waspada tidak terjebak oleh sikap; arogan kesombongan diri, seolah kita adalah nomor satu dan merasa menjadi paling benar, paling sempurna, paling dicintai Tuhan.
Bertindak menjadi pelaku kebenaran-Nya, teratur belajar dan mendengarkan firman-Nya, agar hati nurani menjadi peka mampu membedakan pengajaran benar, pengajaran menyesatkan, pengajaran salah yang membuat kerdil pertumbuhan iman kita.
-HDJ
Satu menit …
Minggu, 20 Juli 2014
Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.
(2Korintus 7:1)
Berbagai tawaran dunia dapat membuat kita kehilangan kehadiran dan janji Allah, menggunakan kemampuan sendiri mengejar kekudusan adalah tidak mungkin, kekudusan kita dapatkan ketika dengan benar menempatkan Kristus di dalam hati dan pikiran kita.
 Kita memahami, Kristus ada di dalam keseluruhan pikiran Allah mengenai manusia, Kristus ada bersama Allah dan Ia adalah Allah yang rela meninggalkan kemuliaan-Nya datang ke dunia demi memberikan jalan keselamatan bagi kita orang berdosa.
-HDJ
Satu menit …
Senin, 21 Juli 2014
Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah  —  sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.
(Mazmur 127:2)
Ketika harta menjadi sebuah tolok ukur atas harga diri, maka kebenaran-Nya akan kita tinggalkan dan memaksimalkan kemampuan untuk berusaha mendapatkan kekayaan menganggapnya sebagai bukti bahwa itu adalahsebuah bentuk nyata berkat dari Tuhan.
Sudah seharusnya kita bekerja sesuai yang Tuhan kehendaki dan menggantungkan hidup kita hanya kepada Tuhan, tidak hanya memandang berkatnya saja tetapi kita harus fokus menyembah, menghormati Dia yang adalah sumber dari segala berkat.
-HDJ
Satu menit …
Selasa, 22 Juli 2014
Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
 (Markus 16:20)
 Sebagai pemberita Injil harus memilliki hati yang rela berkorban, senantiasa kuat menghadapai tantangan, selalu menyediakan diri siap dipakai Tuhan menjadi kepanjangan tangan-Nya untuk berkarya di dalam memenuhi kehendak-Nya.  
Setiap orang percaya dituntut untuk memilki iman aktif, harus bersikap kritis agar mampu dapat menguji kebenaran diri sendiri, untuk menguji kesaksian para pemberita injil di dalam melakukan pemberitaan kabar baik tentang Kristus.
-HDJ
Satu menit …
Rabu, 23 Juli 2014
Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
(Filipi 4:6)
Kekuatiran jangan membuat kita terfokus kepada masalah karena tidak akan menyelesaikannya tetapi justru dapat menimbulkan masalah baru, doa merupakan penawar kekhawatiran yang mendorong  kita dapat berpikir bijak.
Berdiam diri merenungkan yang sedang terjadi, mengandalkan dan memohon pertolongan-Nya, hanya oleh anugerah Allah dalam Tuhan Yesus sukacita terus menerus mengalir dalam kehidupan kita.
-HDJ
Satu menit …
Kamis, 24 Juli 2014
Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
(Yohanes 15:19)
Banyak diantara kita sengaja menutup telinga, menutup mata tidak berkehendak mendengar, tidak ingin melihat kebenaran tapi justru menikmati berbagai tawaran dan mengabdi sepenuhnya kepada dunia, membuat kita dapat terperosok karena lupa diri.
Kita harus tinggal dalam kasih Kristus, hanya oleh anugerah Tuhan yang dapat membuat seseorang bertobat, sebagai orang percaya kita menyerukan berita pertobatan dan membiarkan Roh Kudus bekerja bagi banyak orang untuk percaya kepada Kristus.
-HDJ
Satu menit …
Jumat, 25 Juli 2014
Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.
(2Petrus 2:3)
Menghadapi orang berlagak maha tahu yang memuliakan diri sendiri, berani membelokkan firman Tuhan seolah memahami benar apa yang dikatakannya, kita harus bijak menanggapinya karena apa yang di ucapkannya dapat berbahaya dan menyesatkan.
Kita dipanggil untuk hidup dalam kekudusan, pengetahuan kita akan kebenaran-Nya amat terbatas, senantiasa berdoa dan belajar menambah pengertian firman-Nya untuk memahami kebenaran-Nya agar senantiasa kuat menghadapi para pengajar sesat.
Satu menit …
Sabtu, 26 Juli 2014
Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.
(Matius 5:37)
Perlu ketegasan dalam menyatakan kebenaran, membuang perasaan sungkan ketika harus menentukan benar dan salah, ketidak tegasan akan hal itu akan menimbulkan pembenaran atas keduanya berakibat kita akan kehilangan kepercayaan.
Kepalsuan dan kekerasan selalu ada di sekeliling kita tetapi jangan membuat kita goyah iman, kita mengandalkan Tuhan, Dia membuat kita memiliki kasih, bersikap tegas menerapkan kebenaran, menyatakan tingkah laku sesuai dengan yang kita ucapkan.
-HDJ
Satu menit …
Minggu, 27 Juli 2014
Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.
 (Lukas 6:29)
Daya pikir kita terbatas, banyak perkataan Yesus menjadi kelihatan mustahil sangat sulit untuk ditaati, ketaatan kita kepada-Nya adalah harga mutlak dan kita harus bermurah hati untuk dapat mengampuni orang yang menyakiti kita.
Bersyukur atas tugas yang disediakan-Nya bagi kita, menjadi saksi-Nya, memiliki kehidupan rohani yang baik, membuang kebencian dan pembalasan sehingga kita layak untuk menyatakan kasih-Nya.
-HDJ
Satu menit …
Senin, 28 Juli 2014
tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.
(Yohanes 20:31)
Kebangkitan Yesus membuktikan bahwa Dia sungguh kebenaran dan hidup, kita harus hidup di dalam-Nya, membuat semua orang  mengerti bahwa Yesus adalah Pribadi yang dipakai Allah untuk meyelamatkan manusia.
Yesus adalah Mesias yang dijanjikan Allah, Yesus adalah Anak Allah, setiap kita tahu Dia adalah Allah yang menjadi manusia, hukum utama yang Yesus ajarkan adalah hukum kasih, manusia harus mengasihi Allah dan mengasihi sesama manusia
-HDJ
Satu menit …
Selasa, 29 Juli 2014
Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.
 (2Korintus 4:15)
Didalam kegiatan melakukan pelayanan, kita pasti mendapatkan pendukung aktif yang selalu ikut terlibat di dalam pelayanan, juga menghadapi penghambat yang hanya berfokus atas kesalahan kita dalam pekerjaan melayani Tuhan.
Allah menggunakan setiap tantangan dalam kehidupan untuk membuat kita semakin bertumbuh menjadi dewasa rohani, lebih tegar menjalani kehidupan dan lebih bersemangat dalam pelayanan kita kepada Allah, supaja Dia semakin dipermuliakan.
-HDJ
Satu menit …
Rabu, 30 Juli 2014
dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
(Lukas 24:47)
Kita tahu semua manusia berdosa tetapi tidak menghalangi kita menjadi saksi Kristus, memberitakan dan menyerukan pertobatan dan pengampunan dosa, harus kita sampaikan kepada segala bangsa untuk menggenapkan misi Kerajaan Allah di dunia.
Pertobatan mengharuskan kita meninggalkan dosa, sebagai orang percaya yang telah menerima anugerah pertobatan dan kasih pengampunan dari Allah, kita harus dapat menyalurkan kasih pengampunan, mengatasi kebencian dan membuang dendam.
-HDJ
Satu menit …
Kamis, 31 Juli 2014
Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.
(Yohanes 3:34)
 Memberitakan Injil adalah mempersembahkan kemuliaan dan kebesaran hanya kepada Tuhan yang kita layani, bukan mengambil keuntungan bagi diri pribadi, kita diutus untuk memuliakan Dia, menyampaikan Injil demi menjadi berkat bagi banyak orang. 
Tidak memiliki kehebatan atau kemampuan berlebih, dengan segala keterbatasan kita dipakai-Nya untuk memberitakan kabar sukacita, kita sangat membutuhkan pimpinan Roh Kudus karena kita tidak dapat berjalan sendiri memberitakan kebenaran Injil.
-HDJ

No comments: