Friday, August 1, 2014

@ AGUSTUS 2014

AGUSTUS 2014

Satu menit …
Jumat, 01 Agustus 2014

Sebab Kristus adalah "ya" bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan "Amin" untuk memuliakan Allah.
(2Korintus 11:21)

Kelemahan diri mengajarkan kepada kita untuk dapat mengerti dan menyadari akan kebesaran serta kemuliaan Allah, kelemahan membuat kita memaksa diri belajar untuk semakin bersandar kepada Allah dan setia kepada kesetiaan-Nya.
Iman percaya kepada Kristus membuat kita punya kesadaran untuk dapat mengatasi kelemahan kita, mempercayai sepenuhnya kasih dan kuasa Allah, yakin bahwa semua janji-Nya tidak akan pernah di tarik-Nya.
-HDJ

Satu menit …
Sabtu, 02 Agustus 2014

yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.
(2Korintus 1:4)

Di dalam kuasa kemuliaan Allah penderitaan yang menimpa kita tidak berakibat buruk, kekuatan anugerah Allah yang bekerja di dalam diri kita menghasilkan kesabaran, ketahanan, keuletan, kesukaan, dan kesaksian hidup.
Apapun jenis penderitaan yang menimpa dan kita alami, Allah menyediakan penghiburan, ketegaran dan kekuatan yang kita perlukan, Dia menjadikan kita sebagai kepanjangan tangan-Nya, kita dimampukan melayani dan menghibur orang lain.
-HDJ

Satu menit …
Minggu, 03 Agustus 2014

Sebab oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan jiwanya untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku.
(Filipi 2:30)

Sekalipun tantangan menghadang dan segala sesuatunya berjalan tidak sebagaimana yang kita harapkan, kita harus memiliki tekad tetap setia kepada-Nya, dan kesetiaan merupakan sebuah proses yang akan terus diuji sampai akhir hidup kita.
Diperlukan penyangkalan diri dalam tugas memberitakan Injil, perlu pengorbanan, berani bayar harga demi ketaatan kita kepada-Nya, selalu melatih diri meneladani Kristus agar kita benar dan layak menjadi hamba-Nya.
-HDJ

Satu menit …
Senin, 04 Agustus 2014

Aku mengatakan kebenaran dalam Kristus, aku tidak berdusta. Suara hatiku turut bersaksi dalam Roh Kudus,
(Roma 9:1)

Dapat membedakan kebohongan dan kejujuran, punya kerelaan diri berkoban bagi keselamatan orang lain, melayani memberitakan dan mengajarkan Injil dengan benar dalam Iman dan kebenaran adalah syarat paling utama bagi kita menjadi pelayan Tuhan.
Hati nurani kita harus bersaksi dan menjadi saksi dalam Roh Kudus, tidak ada sesuatupun yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus, hanya oleh karena kemurahan-Nya kita dipilih dan di selamatkan di dalam Kristus.
-HDJ

Satu menit …
Selasa, 05 Agustus 2014

Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.
(1 Petrus 3:10)

Alkitab mengajarkan agar kita bijak berkata dalam hubungan antar sesama maupun bukan saudara seiman, hubungan kita dalam berbagai hal di tentukan dan dimulai dari kata dan ucapan bibir yang benar dan dapat dipercaya.
Di era informasi, berita sangat cepat beredar ke seluruh penjuru bumi, membuat kita harus waspada atas berita enak didengar tetapi menyesatkan, sebagai anak Tuhan kita harus dapat bersikap dan bertindak benar menjadikan tingkah laku sesuai perkataan.
-HDJ

Satu menit …
Rabu, 06 Agustus 2014

Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."
(Lukas 11:28)

Tidak ada yang dapat kita sembunyikan dihadapan-Nya, sebab tidak ada yang menghalangi pandangan-Nya atas seluruh hidup kita, semua nyata, jelas di hadapan-Nya, kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.
Kebahagiaan tidak dinilai dari banyaknya materi, belum tentu kaya dapat membuat bahagia, miskin juga bukan berarti menderita, kebahagiaan hanya ada pada hati yang berpegang kepada firman-Nya, mengingat dan memakai sebagai jalan dan aturan hidup.
-HDJ

Satu menit …
Kamis, 07 Agustus 2014

Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar
(Yesaya 9:1)

Dunia dipenuhi kegelapan moral, juga penyimpangan rohani yang menolak Tuhan, tetapi sekaligus menjadi tempat yang tepat untuk menunjukkan dan membuka mata rohani manusia untuk melihat lebih jelas cahaya kemuliaan Allah.
Bersosialisasi dan berempaty kepada orang lain akan mewujudkan serta menjadikan kehidupan menjadi selaras dan seimbang, kekristenan dibangun berdasarkan pengalaman dan perbuatan, belajar dan mempraktekan firman-Nya.
-HDJ

Satu menit …
Jumat, 08 Agustus 2014

apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
(Mazmur 8:5)

Allah memberikan kasih, perhatian dan kepedulian-Nya terhadap kita bukan di karenakan kehebatan, kebaikan, atau hal lain yang sudah kita lakukan dan segala yang sudah kita kerjakan bagi Dia.
Kita sebagai manusia diciptakan Allah untuk suatu maksud yang mulia, diciptakan agar kita senantiasa mengembangkan hidup menjadi berkat bagi sesama, untuk dapat menyaksikan kemuliaan Allah.
-HDJ

Satu menit …
Sabtu, 09 Agustus 2014

Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
(1Yohanes 4:8)

Allah adalah kasih, Dia sumber kasih, kita mengalami kehadiran-Nya di dalam hidup kita, sudah selayaknya kita dapat menyatakan kasih-Nya bagi sesama, mampu mengasihi membuktikan bahwa kita telah lahir dari Allah.
Kasih-Nya menjadi sempurna dalam kita jika kita berani percaya dan membuka diri kita di hadapan-Nya, kasih membuat kita tidak memikirkan diri sendiri, kasih membentuk karakter kepribadian kita, kasih membuat banyak orang mengenal Dia melalui kita.
-HDJ

Satu menit …
Minggu, 10 Agustus 2014

Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.
(Kisah Para Rasul 10:42)

Keselamatan adalah kasih karunia Allah bagi setiap orang, diberikan-Nya kepada setiap kita tanpa membedakan rupa atau berdasarkan status sosial, latar belakangnya, ras, bangsa dan bahasanya.
Mengikut Yesus adalah untuk memberitakan keselamatan bagi semua orang, menceritakan Yesus yang meninggalkan kesetaraannya dengan Allah, Dia menyesuaikan diri menjadi manusia, dan Yesus yang rela mati di kayu salib menjadi penebus kita dari dosa.
-HDJ

Satu menit …
Senin, 11 Agustus 2014

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
(Matius 6:33)

Sangat penting bagi kita untuk tidak menyiksa pikiran dengan berbagai kekuatiran dan beraneka ragam hal dunia, kita harus hidup mengandalkan Tuhan yang memberikan kekuatan untuk dapat hidup mengatasi tantangan.
Yesus adalah Tuhan atas seluruh aspek hidup kita, Dia adalah sebagai prioritas paling utama dalam hidup kita dan kita berjalan dalam kebenaran-Nya, kita berserah sepenuhnya kepada Dia agar kehendak-Nya terjadi.
-HDJ

Satu menit …
Selasa, 12 Agustus 2014

Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.
(Roma 12:20)

Tidak merasa lebih hebat, lebih pandai, atau lebih penting daripada orang lain, ketika orang lain sedang bersusah hati, kita ikut bersusah hati, demikian pula sebaliknya, ketika orang lain bersukacita, kita pun ikut bersukacita di dalamnya.
Kasih Kristus mengajarkan kepada kita untuk memberi dan mengampuni, tanpa ketaatan untuk mempraktekkan kasih-Nya dalam hidup kita, kemarahan, dendam dan kekecewaan tidak akan pernah sirna dari kehidupan kita.
-HDJ

Satu menit …
Rabu, 13 Agustus 2014

Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,
(Lukas 17:15)

Sebagai pengikut Kristus kita tidak membiarkan diri berkompromi dengan dunia, bersama Dia kita tidak kuatir dibenci oleh dunia yang jahat, bersama Kristus kita menjadi pemberani, menjadi tegar menghadapi mereka yang berbuat jahat.
Kita dipilih dan dipakai Allah menurut rencana-Nya, diberikan-Nya tugas bagi kita untuk menjadi pelaku sesuai rencana dan kehendak-Nya, TUHAN adalah kasih, bersama Dia ada perlindungan, ada damai sejahtera, ada sukacita.
-HDJ

Satu menit …
Kamis, 14 Agustus 2014

Kamu harus lakukan peraturan-Ku dan harus berpegang pada ketetapan-Ku dengan hidup menurut semuanya itu; Akulah TUHAN, Allahmu.
(Imamat 18:4)

Tanpa disadari seringkali kita menjadikan diri sebagai allah dalam pilihan hidup kita, mengerjakan dan memutuskan segala sesuatu tanpa memohon persetujuan-Nya, tanpa disadari kita telah melupakan keberadaan Tuhan.
Kita sudah dipilih untuk menjadi pemegang peranan penting dalam misi Allah bagi dunia, Tuhan tidak menginginkan kita menjadi orang dunia yang tidak mengenal Dia, kita diharuskan menjaga kekudusan, hidup demi kebaikan kita dan demi kemuliaan nama-Nya.
-HDJ

Satu menit …
Jumat, 15 Agustus 2014

Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.
(1Timotius 6:8)

Hidup berkelimpahan bukan berarti menjadi kaya raya, karena kekayaan dengan mudah dapat membuat lupa diri, dapat mendorong kita terjatuh ke dalam pencobaan, yang akhirnya membuahkan keruntuhan, kehancuran dan kebinasaan.
Kita harus memiliki dan dapat merasakan rasa syukur berkelimpahan yang berarti kita telah berada di lembah kasih dan sukacita, dapat menyadari begitu banyaknya anugerah Allah atas hidup kita sehingga membuat kita dimampukan-Nya merasakan cukup!
-HDJ

Satu menit …
Sabtu, 16 Agustus 2014

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.
(Ibrani 12:11)

Keyakinan bahwa Allah tetap mengasihi kita dan Dia memiliki tujuan yang baik di balik penderitaan kita, merupakan tantangan yang menjadikan sumber kekuatan untuk kita dapat bertahan di dalam penderitaan.
Bukan karena kekuatan kita, tetapi kasih karunia-Nya yang membuat kita mampu bertahan untuk melakukan perintah-Nya, Dia membuat penderitaan menjadi berkat dan memakainya untuk membawa kita ke dalam kehendak-nya.
-HDJ

Satu menit …
Minggu, 17 Agustus 2014

Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia,
(Titus 3:4)

Keegoisan meredupkan kepekaan indera hati, menciptakan sikap masabodoh dan tidak peduli, tetapi kebenaran-Nya menumbuhkan kebaikan hati, membuat hidup kita berbuah ketika digerakkan oleh kasih Kristus.
Menerima anugerah keselamatan berarti berakhirnya hidup kita yang berlawanan dengan kehendak Allah, kita tidak lagi diperbudak dosa, kita memiliki hubungan yang selaras dengan sesama sebagai pembawa damai.
-HDJ

Satu menit …
Senin, 18 Agustus 2014

Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
(Matius 19:13)

Sebagai orang-tua Kristen, kita harus bijak menggunakan setiap sarana yang tersedia untuk menuntun anak kita mengenal dan datang kepada Kristus, karena Dia rindu untuk menerima, mengasihi, dan memberkati mereka.
Yesus mengajak kita agar belajar dari kepolosan, kesederhanaan, dan kesetiaan yang dimiliki oleh anak-anak ketika kita menyambut Kerajaan Allah, hanya kepada mereka yang tulus di hadapan-Nya akan menerima kasih karunia menikmati Kerajaan Surga.
-HDJ

Satu menit …
Selasa, 19 Agustus 2014

Aku berseru kepada Allah, Yang Mahatinggi, kepada Allah yang menyelesaikannya bagiku.
(Mazmur 57:2)

Kita mempercayakan hidup kita kepada Allah, memohon kepada-Nya diberi kekuatan agar memperoleh kekuatan baru untuk menghadapi pergumulan, untuk membuat kita tidak menggerutu, tidak mengeluh putus asa.
Kita tahu bahwa satu-satunya pertolongan bagi kita adalah Tuhan yang Maha Kuasa, Dia akan menaungi kita juga setiap orang yang mencari Dia, kita tahu hati Allah penuh belas kasihan, Dia akan menopang dan melindungi kita.
-HDJ

Satu menit …
Rabu, 20 Agustus 2014

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
(2Korintus 5:17)

Begitu banyak orang hidup tanpa damai, karena tidak mengenal dan tidak memiliki pendamaian dengan Allah oleh Kristus, orang yang telah diselamatkan hidupnya oleh Yesus harus hidup untuk Dia dan melayani Dia.
Pelayanan pekabaran Injil bukan hanya untuk menambah jumlah orang percaya atau mengajak orang mengganti imannya, yang paling utama dan paling penting adalah memperdamaikan setiap orang yang mendengar Injil dengan Kristus.
-HDJ

Satu menit …
Kamis, 21 Agustus 2014

Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."
(Matius 19:14)

Sebagai orang-tua Kristen, kita menggunakan firman-Nya, juga sarana dan prasarana yang di sediakan-Nya untuk menuntun anak kita kepada Kristus, Dia rindu untuk menerima, mengasihi, dan memberkati mereka.
Yesus mengajar agar kita belajar dari kepolosan, kesederhanaan, dan kesetiaan yang dimiliki oleh anak-anak ketika kita menyambut Kerajaan Allah, hanya kepada mereka yang tulus di hadapan-Nya akan menerima kasih karunia menikmati Kerajaan Surga.
-HDJ

Satu menit …
Jumat, 22 Agustus 2014

Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.
(1Timotius 6:6)

Tuhan melimpahi kita dengan berbagai berkat anugerah bukan karena kehebatan kita, jangan pernah berfikir bahwa kekayaan adalah balasan yang wajib diberikan oleh Tuhan kepada kita karena kita merasa sudah berbuat baik dan merasa sudah melakukan kebenaran-Nya.
Kejahatan dapat terjadi akibat keserakahan dan cinta akan harta dunia, namun kasih dan kepercayaan kita akan Allah adalah akar dari segala rasa cukup, rasa cukup karena punya rasa puas dengan segala yang sudah dianugerahkan-Nya kepada kita.
-HDJ

Satu menit …
Sabtu, 23 Agustus 2014

namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
(Galatia 2:20)

Mempergunakan seluruh hidup kita untuk tidak mengikuti hal-hal jahat yang diingini dunia, tetapi hendaklah kita hidup didunia ini menurut kemauan Allah, menjadi sahabat dan rekan kerja Allah.
Menyadari akan peran penting dalam pemberitaan Injil, kita bukan hanya menjadi juru bicara Tuhan, tetapi dengan tegas kita dapat menyaksikan kasih Allah yang tercurah atas kita di dalam kehidupan.
-HDJ

Satu menit …
Minggu, 24 Agustus 2014

Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
(Matius 2:10)

Kita tahu begitu banyak orang menghormati YESUS dan bersukacita karena anugerah keselamatan yang diberikan-Nya, namun kita juga tahu bahwa sampai saat ini masih terlalu banyak orang yang tidak percaya, bahkan membenci Dia.
Kristus adalah terang, kita harus memuji menyembah Dia, dan menyerahkan hidup kita kepada-Nya, Dia berjalan di depan sebagai penuntun kita yang berjalan didalam kegelapan menuju kepada terang-Nya dan memberikan sukacita.
-HDJ

Satu menit …
Senin, 25 Agustus 2014

Bukankah ini firman yang telah disampaikan TUHAN dengan perantaraan para nabi yang dahulu, ketika Yerusalem dengan kota-kota yang di sekelilingnya masih didiami orang dan masih sentosa dan Tanah Negeb dan Daerah Bukit masih didiami?"
(Zakharia 7:7)

Kita berusaha mempersembahan ketaatan dengan menyatakannya dalam tindakan, menunjukkan kebaikan hati dan memiliki kerelaan hati untuk menolong mereka yang tidak seberuntung kita.
Jauh lebih baik untuk mempersembahkan ketaatan kepada Allah, berusaha tidak melakukan penyimpangan-penyimpangan dari kehendak-Nya, karena tidak ada satupun diantara kita akan terlepas dari konsekuensi dosa.
-HDJ

Satu menit …
Selasa, 26 Agustus 2014

Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.
(Wahyu 5:9)

YESUS disalibkan demi menggenapi rencana Allah, memberikan keselamatan, pengampunan dosa bagi semua orang dari segala bangsa, persekutuan dan kesaksian kita atas anugerah-Nya harus dapat menjadi pemersatu umat percaya.
Keselamatan disediakan-Nya tidak hanya bagi kita saja, tetapi di nikmati oleh manusia yang percaya YESUS dari berbagai suku dan dari segala latar belakang tanpa terkecuali, semuanya yang percaya Dia menerima penebusan pengampunan dosa.
-HDJ

Satu menit …
Rabu, 27 Agustus 2014

bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.
(Lukas 12:7)

Kita begitu sangat berharga dimata Allah, pemeliharaan-Nya menjadikan kita dapat bersikap tenang disaat menghadapi bahaya, perhatian Allah menumbuhkan kasih dan bukan menimbulkan ketakutan, Allah adalah benteng kekuatan kita.
Kristus memperingatkan agar kita berhati-hati dengan masalah ketamakan dan mengendalikan hasrat keserakahan, Dia tidak akan segan menangani masalah kemunafikan, Dia meminta kita agar mawas diri selama ada kesempatan dan berusaha berdamai dengan Allah selagi punya waktu.
-HDJ

Satu menit …
Kamis, 28 Agustus 2014

Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.
(Yoel 2:25)

Kedaulatan Allah adalah mutlak, rencana-Nya atas umat-Nya tidak pernah dihalangi oleh kesalahan sikap, tidak dibatasi oleh tindakan kita yang tidak setia, kita tahu penghukuman, pengampunan dan pemulihan adalah sepenuhmya kuasa Allah.
Allah tidak pernah menghitung berapa besarnya berbagai berkat yang sudah dicurahkan bagi kita, Allah lebih mengutamakan dan lebih menghargai pertobatan kita umat-Nya dibandingkan dengan nilai berkat yang sudah dicurahkan-Nya.
-HDJ

Satu menit …
Jumat, 29 Agustus 2014

yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.
(2Korintus 1:4)

Penderitaan yang terjadi, beratnya tantangan yang kita hadapi, justru membuat kita semakin percaya Allah, bergantung kepada-Nya, Dia pasti menyediakan penghiburan, memberikan kekuatan yang kita perlukan untuk memperoleh kemenangan.
Ketika Allah menyentuh hati kita yang terluka dengan kedamaian-Nya, kita sebagai orang yang pernah menderita secara unik diperlengkapi-Nya kemampuan untuk dapat bersaksi berbagi pengalaman, menjadi penghibur bagi mereka yang sedang menderita.
-HDJ

Satu menit …
Sabtu, 30 Agustus 2014

Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.
(Pengkhotbah 1:9)

Segala sesuatunya pasti berulang dengan atau tanpa makna, kesuksesan, kesehatan, kecantikan, ketampanan, kepintaran, kelimpahan materi dan status sosial di masyarakat, bukanlah penentu yang dapat menghasilkan kebahagiaan dan kepuasan hidup dalam kebenaran-Nya.
Harus disadari adanya keterbatasan kemampuan diri yang tidak dapat kita hindari, berserah mempercayai Allah terus-menerus sepanjang bulan, minggu, hari, dan jam, merupakan cara paling tepat untuk membuat hidup kita menjadi lebih berguna menjadi lebih bermakna.
-HDJ

Satu menit …
Minggu, 31 Agustus 2014

"Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" — yang berarti: Allah menyertai kita.
(Matius 1:23)

Imanuel, artinya "Allah menyertai kita", Dia hidup di antara kita, Dia datang untuk tinggal bersama kita dan Dia mati bagi kita, Dia mengutus Roh-Nya untuk tinggal di dalam kita, sehinga kita dapat bersukacita hidup bersama Dia
Kristus menanggung hukuman karena dosa kita, Dia memberikan keselamatan, Kristus yang sepenuhnya manusia, tidak berdosa dan sepenuhnya ilahi, hanya Dia yang sanggup menyelamatkan dengan sempurna semua orang berdosa yang oleh Dia datang kepada Allah.
-HDJ



No comments: