Monday, May 1, 2017

@ MEI 2017





















SATU MENIT …
Senin, 01 Mei 2017

Janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!"
(Yakobus 1:13)

Menyadari kesalahan dan bersungguh hati mengakui dosa, pasti kita diampuni-Nya, Dia pasti menyertai kita mengatasi masalah sekalipun berbuat salah, melakukan kebodohan, tidak mengikut sertakan Tuhan ketika merencanakan sesuatu.
Allah Maha Kuasa pengendali segalanya, Dia tidak mencobai siapapun, kesulitan timbul dan menjadi pencobaan karena kesalahan diri, akibat dari kesombongan dan berbagai kehendak, banyaknya keinginan diri.
oHDJ


SATU MENIT …
Selasa, 02 Mei 2017

Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna"
(2Korintus 12:9)

Kita sangat membutuhkan Allah, Dia berikan kita kekuatan agar mampu bertahan disaat menghadapi tantangan, Dia mengajarkan kepada kita untuk percaya, Dia ingin kita kuat didalam kekuatan kuasa-Nya.
Allah mengijinkan badai menerpa hidup agar membuat kita mengerti bahwa kita harus bersandar kepada-Nya, menjaga diri tidak terperosok kekubangan dosa, Dia tunjukkan kepada kita bahwa kekuatan adalah dari Dia, bukan karena kehebatan kemampuan kita.
ø HDJ

SATU MENIT …
Rabu, 03 Mei 2017

Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
(2Korintus 9:8)

Allah merupakan sumber segala berkat yang kita terima, Dia pencipta yang murah hati, memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati, bahkan Dia korbankan anak-Nya menjadi tebusan dosa manusia sesuai dengan rencana dan maksud-Nya.
Kita mengasihi Yesus, Dia Maha Besar, Dia adalah segalanya atas hidup kita, Dia membuat kita punya rasa cukup, punya kasih, punya kemurahan hati, Dia menjadikan kita selalu waspada terhadap segala keserakahan agar mampu menolak ketamakan.
øHDJ

SATU MENIT …
Kamis, 04 Mei 2017

Aku hidup dengan tenteram, tetapi Ia menggelisahkan aku
(Ayub 16:12)

Jangan takut menghadapi perubahan jika memang itu berasal dari Dia yang kasih-Nya kepada kita tak pernah berubah, Dia selalu bekerja untuk kebaikan, agar kita dapat layak meneladani Kristus.
Ketika kita berpikir berdasarkan kacamata Iman, mata rohani kita akan menjadi terbuka mampu melihat fakta kebenaran sehingga sangat mudah bagi kita untuk menolong dan membantu dengan tepat pergumulan dan penderitaan orang lain.
øHDJ

SATU MENIT …
Jumat, 05 Mei 2017

Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi
(1Timotius 6:18)

Sudah seharusnya menjaga agar kita tetap rendah hati dan hanya bersandar sepenuhnya kepada Allah yang penuh kasih, tidak berbangga diri mengandalkan harta kekayaan, menjaga karakter agar tidak berubah menjadi sombong tinggi hati.
Alkitab meyakinkan kita bahwa Allah menyediakan berkat melimpah, oleh anugerah-Nya kita memiliki segala yang kita perlukan, tetapi sumber pengharapan kita bukan harta dunia, penjamin hidup kita adalah Allah pemilik seluruh alam semesta.
øHDJ

SATU MENIT …
Sabtu, 06 Mei 2017

Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.
(Matius 5:37)

Diperlukan ketegasan dalam menyatakan kebenaran, membuang perasaan tenggang rasa disaat harus menentukan benar dan salah, ketidak tegasan akan menimbulkan kerancuan bahkan menimbulkan pembenaran atas keduanya berakibat hilangnya kepercayaan diri.
Kepalsuan, kekerasan selalu berputar di sekeliling kita tetapi tidak membuat goyah iman karena kita mengandalkan Tuhan, Dia membuat kita memiliki kasih dan bersikap tegas menerapkan kebenaran, menyatakan tindakan sesuai dengan yang kita ucapkan.
øHDJ

SATU MENIT …
Minggu, 07 Mei 2017

Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
(Yohanes 15:19)

Banyak diantara kita tanpa sengaja menutup telinga, menutup mata tidak berkehendak mendengar, tidak ingin melihat kebenaran tapi justru menikmati berbagai tawaran dan mengabdi sepenuhnya kepada dunia, membuat kita dapat terperosok karena lupa diri.
Kita harus tinggal dalam kasih Kristus, hanya oleh anugerah Tuhan saja yang dapat membuat seseorang bertobat, sebagai orang percaya kita menyerukan berita pertobatan dan membiarkan Roh Kudus yang bekerja bagi banyak orang untuk percaya kepada Kristus.
øHDJ

SATU MENIT …
Senin, 08 Mei 2017

Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah-sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.
(Mazmur 127:2)

Ketika harta menjadi sebuah tolok ukur atas harga diri, maka kebenaran-Nya akan kita tinggalkan dan memaksimalkan kemampuan untuk berusaha mendapatkan kekayaan, menganggapnya sebagai bukti bahwa itu adalah sebuah bentuk nyata berkat dari Tuhan.
Sudah seharusnya kita bekerja sesuai yang Tuhan kehendaki dan menggantungkan hidup kita hanya kepada Tuhan, tidak hanya memandang berkat materi saja tetapi kita harus fokus menyembah, menghormati Dia yang adalah sumber dari segala berkat.
øHDJ

SATU MENIT …
Selasa, 09 Mei 2017

Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jempol mereka. Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.
(2Petrus 2:3)

Menghadapi orang berlagak maha tahu tapi memuliakan diri sendiri, berani membelokkan firman Tuhan seolah memahami benar apa yg dikatakannya, kita harus bijak menanggapinya karena apa yg di ucapkannya sangat berbahaya dan menyesatkan.
Kita dipanggil untuk hidup dalam kekudusan, pengetahuan akan kebenaran-Nya amat terbatas, kita harus senantiasa berdoa, belajar menambah pengertian firman-Nya supaya dapat memahami kebenaran-Nya agar tetap tegar senantiasa kuat menghadapi para pengajar sesat.
øHDJ

SATU MENIT …
Rabu, 10 Mei 2017

Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.
(Kolose 3:17)

Jauhi pemikiran untuk mengandalkan kekuatan sendiri, sebab akal budi kita berasal dari Allah, lakukan segala sesuatu dalam Tuhan Yesus sambil terus senantiasa mengucap syukur kepada Allah, Bapa kita.
Ketaatan dimulai dari sebuah pilihan untuk menerapkan prinsip firman dalam hidup kita, tidak membiarkan diri terjebak berbagai keinginan kehendak dan nafsu yang membinasakan dan tidak menyimpang dari segala yang diperintahkan-Nya.
øHD

SATU MENIT …
Kamis, 11 Mei 2017

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
(Filipi 4:6)

Kekuatiran jangan membuat kita berfokus kepada masalah tetapi kepada Dia yang menyelesaikan masalah, salah fokus justru menimbulkan masalah baru, doa adalah penawar kekhawatiran yang mendorong kita dapat berpikir bijaksana.
Berdiam sejenak merenungkan apa yang sedang terjadi, mengandalkan dan memohon pertolongan-Nya, karena oleh anugerah Allah dalam Tuhan Yesus sukacita akan terus mengalir dalam kehidupan kita.
øHDJ

SATU MENIT …
Jumat, 12 Mei 2017

Hati yang gembira adalah obat yang manjur
(Amsal 17:22)

Iman harus berakar kuat di dalam hati, tahu dan yakin bahwa hidup kita ada di bawah control kendali-Nya, Dia membuat kita selalu mampu bersukacita karena bersamanya kita memiliki alasan kuat untuk dapat bergembira bersama Dia.
Apapun keadaannya kita harus menjaga hati untuk tetap bergembira di segala situasi sehingga dampak positifnya berimbas kepada orang di sekeliling kita, jangan membiarkan ada kuatir di hati kita, senantiasa bersukacita sebab Jesus ada dalam hidup kita.
øHDJ

SATU MENIT …
Sabtu, 13 Mei 2017

Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
(1Korintus 10:31)

Mensyukuri segala kebutuhan jasmani dan akan banyak hal lainnya merupakan anugerah yang berasal dari kemurahan-Nya, Dia adalah sumber hidup, kita bersikap hormat, sopan dan santun serta dengan rendah hati menerimanya disertai ucapan syukur.
Secara halus Iblis menyerang Adam dan Hawa melalui keinginan daging, lewat keinginan mata dan keangkuhan hidup, apa pun yang Iblis tawarkan dengan berbagai cara jangan membuat kita mudah tertipu, mari kita teladani Jesus yang rendah hati dan memuliakan-Nya.
øHDJ

SATU MENIT
Minggu, 14 Mei 2017

Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.
(2Korintus 7:1)

Berbagai tawaran dunia dapat membuat kita kehilangan kehadiran dan janji Allah, menggunakan kemampuan sendiri mengejar kekudusan adalah tidak mungkin, kekudusan kita dapatkan ketika dengan benar menempatkan Kristus di dalam hati dan pikiran kita.
Kita memahami, Kristus ada di dalam keseluruhan pikiran Allah mengenai manusia, Kristus ada bersama Allah dan Ia adalah Allah yang rela meninggalkan kemuliaan-Nya datang ke dunia demi memberikan jalan keselamatan bagi kita orang berdosa.
øHDJ

SATU MENIT …
Senin, 15 Mei 2017

Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.
(Lukas 6:29)

Daya pikir kita terbatas, banyak perkataan Yesus kita anggap mustahil sangat sulit untuk dilakukan, ketaatan kita kepada-Nya adalah harga mutlak dan pasti, kita harus bermurah hati untuk memiliki pengampunan bagi orang yang mencederai kita.
Bersyukur atas tugas yang disediakan-Nya bagi kita, menjadi saksi-Nya, memiliki kehidupan rohani yang baik, membuang kebencian, dendam, sakit hati sehingga kita layak menjadi contoh nyata dalam keseharian kita menyatakan, mempraktekan kasih-Nya.
øHDJ

SATU MENIT …
Selasa, 16 Mei 2017

Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.
(Matius 5:4)

Ketika dapat berjalan dalam kebenaran-Nya kita dibuat-Nya memiliki kepekaan dapat merasakan, bahkan ikut menderita ketika melihat konsekuensi tragis yang ditimbulkan oleh dosa terhadap mereka orang² disekitar kita.
Pertobatan murni merupakan respon utama yang harus kita jalani, untuk menghasilkan kesejahteraan bagi diri kita juga bagi orang² di sekeliling kita, menghargai pengorbanan Kristus yang rela mati menjadi tebusan dosa kita manusia.

SATU MENIT …
Rabu, 17 Mei 2017

Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.
(2Korintus 4:15)

Didalam kegiatan kita melakukan pelayanan, pasti mendapatkan pendukung aktif yang selalu ikut terlibat di dalam pelayanan, tetapi juga menghadapi penghambat yang hanya berfokus atas kesalahan kita dalam pekerjaan melayani TUHAN.
Allah menggunakan setiap tantangan dalam kehidupan untuk membuat kita semakin bertumbuh menjadi dewasa rohani, lebih tegar dan berani menjalani kehidupan untuk lebih bersemangat melakukan pelayanan kepada TUHAN, agar supaja Dia semakin dipermuliakan.
øHDJ

SATU MENIT …
Kamis, 18 Mei 2017

Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum
(Amsal 11:25)

Hanya ingin menerima dan mendapatkan adalah kelemahan sifat alamiah kita, prinsip yang berlawanan dengan rencana-Nya adalah ketika rela melepaskan apa yang kita miliki bagi sesama, Tuhan pasti mencurahkan juga berkat anugerah-Nya bagi kita.
Kita dapat mewujudkan kehidupan benar, merasakan damai sejahtera dengan berbagi anugerah yang sudah kita terima dari Tuhan, menyalurkan berkat kepada mereka yang membutuhkan, Dia menjamin menjadikan kita tidak pernah berkekurangan.
øHDJ

SATU MENIT …
Jumat, 19 Mei 2017

Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya Tuhan
(Mazmur 139:4)

Tuhan senantiasa mendengar juga tahu setiap keluhan kita, kasih yang tiada batas selalu ada pada-Nya, Dia mengerti dan pasti menanggapi kebutuhan kita, Dia peka akan perasaan hati kita yang tak terucapkan, Dia amat sangat menyayangi mengasihi kita.
Menghadapi segala tantangan dan permasalahan, kita harus senantiasa berdoa dengan sungguh, memiliki kesabaran dalam menantikan hasilnya yang pasti tidak pernah dapat terbayangkan oleh nalar akal pikiran kita.
øHDJ

SATU MENIT …
Sabtu, 20 Mei 2017

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
(Yeremia 17:7)

Menghadapi berbagai tantangan; keuangan, sakit penyakit, perseteruan dan hal lainnya, banyak di antara kita sudah melibatkan Tuhan, namun terlalu banyak diantara kita goyah iman, berpikir Tuhan tidak peduli tidak berbuat sesuatu.
Percaya, mengandalkan pertolongan Tuhan, bersama-Nya kita mengatasi masalah, Dia membuat kita menjadi peka menerima hikmat-Nya yang harus segera kita lakukan dalam tindakan nyata, disaat tiba pertolongan-Nya, kita menerimanya dengan penuh pengucapan syukur.
øHDJ

SATU MENIT …
Minggu, 21 Mei 2017

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
(1Yohanes 4:7)

Kasih adalah keharusan yang berlaku tanpa syarat bagi kita, bagi siapapun demi membuang kebencian serta keinginan membalas dendam, mengatasi keponggahan diri, senantiasa taat selalu mempraktekkan kasih dalam kehidupan kita.
Allah adalah sumber kasih, Dia adalah kasih itu sendiri, hendaklah diantara kita saling membantu, saling mengasihi, sebab kasih membuat kita menjadi intim dengan-Nya, membuat kasihnya yang tidak terbatas senantiasa mengalir atas kita.
øHDJ

SATU MENIT…
Senin, 22 Mei 2017

Jadi ketahuilah, bahwa bukan karena jasa-jasamu TUHAN, Allahmu, memberikan kepadamu negeri yang baik itu untuk diduduki.
(Ulangan 9:6a)

Semua yang baik yang kita terima dalam hidup adalah karena anugerah Tuhan, berkat-Nya tidak dapat kita beli dengan kebaikan kita, tidak dapat kita tukar dengan harta dunia, tidak dapat kita peroleh dengan kekuatan kita.
Tidak akan pernah kita dapat melunasi hutang kita kepada Allah, Dia ingin agar kita sepenuh hati menyerahkan diri dan mengakui Dia atas kasih karunia-Nya, hal itu akan menyenangkan hati-Nya dan paling disukai-Nya.
øHDJ

SATU MENIT …
Selasa, 23 Mei 2017

Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu"
(Lukas 1:38)

Agar kita dapat memiliki sikap yang sama seperti Maria, tidak ada cara selain mempercayai bahwa segala hal yang Dia ijinkan hadir di hidup kita sesuai kehendak-Nya, itu sangat baik, sangat berkenan dan sempurna.
Sebagai orang beriman marilah kita senantiasa hidup taat kepada perintah Allah, bersikap rendah hati dalam menghayati firman-Nya, hidup senantiasa melakukan apa yang baik demi memberi sukacita bagi banyak orang.
øHDJ

SATU MENIT …
Rabu, 24 Mei 2017

Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah.
(2Korintus 9:12)

Kekuatan iman terletak pada pengenalan kita akan Yesus Kristus, Dia mengajarkan bahwa memberi bukan berarti kehilangan, memberi sebagai ungkapan syukur kepada Allah akan menghasilkan tuaian bagi setiap kita yang rela berbagi dengan sukacita, dengan sukarela bukan karena terpaksa.
øHDJ

SATU MENIT ...
Kamis, 25 Mei 2017

Apakah maksudmu menentang TUHAN?
Ia akan menghabisi sama sekali; kesengsaraan tidak akan timbul dua kali!
(Nahum 1:9)

Jangan ada setitikpun keraguan dalam pemikiran kita yang membuat kita berani melawan Allah, sebab murkanya dapat menghancur luluhkan seluruh kebahagiaan kita, justru kita harus bersungguh hati berserah sepenuh hati, takut, taat akan firmanNya.
Allah mengajar kita hidup dalam kekudusan, Dia sempurna sebagai penentu pengambil keputusan, Dia memperhitungkan setiap kejahatan dengan hukuman karena keadilan-Nya, ketika taat dan setia Dia pasti menyelamatkan kita karena kasih-Nya tidak terbatas.
øHDJ

SATU MENIT …
Jumat, 26 Mei 2017

tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.
(Matius 5:24)

Kemarahan yang tidak terkendali dapat menuntun kita kepada dosa, berdampak bagi kehidupan ibadah, dapat menyeret kita masuk ke lembah duka. Segera mencari dan menghampiri kerabat, teman atau saudara di dalam Kristus yang perlu segera kita ajak berdamai demi menghapus perseteruan.
øHDJ

SATU MENIT …
Sabtu, 27 Mei 2017

Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku
(Yakobus 2:18)

Ketika pelayanan berpusat kepada kepentingan diri, mengabaikan kepentingan orang lain bahkan melupakan-Nya, kita tidak dapat menjadi terang yang bercahaya, kita akan tetap tinggal dalam kegelapan yang menyeret kita kepada kebinasaan kekal.
Kita harus menjadikan iman kekristenan sebagai tindakan nyata dalam perbuatan, selalu berkomunikasi dengan Allah lewat doa, mempelajari Injil dan giat melayani sesama untuk menyampaikan berita keselamatan.
øHDJ

SATU MENIT …
Minggu, 28 Mei 2017

Sebab oleh karena pekerjaan Kristus ia nyaris mati dan ia mempertaruhkan jiwanya untuk memenuhi apa yang masih kurang dalam pelayananmu kepadaku
(Filipi 2:30)

Kekristenan bukan sekedar berbicara berkat jasmani, terutama terus berusaha meneladani Kristus lewat penyangkalan diri, pikul salib siap menderita, sepenuh hati mengikut Dia.
Hapus keegoisan, melayani sesama lewat ucapan kata berdasarkan Injil, Allah sangat menghargai tenaga, tetesan air mata, keringat yang tercurah untuk melayani sesama demi Kristus.
øHDJ

SATU MENIT …
Senin, 29 Mei 2017

Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.
(Yohanes 3:34)

Mengabarkan Injil adalah mempersembahkan kemuliaan, kebesaran hanya bagi Tuhan, bukan mengambil keuntungan bagi diri pribadi, kita diutus untuk memuliakan Dia, menyampaikan Injil untuk jadi berkat bagi banyak orang.
Tidak memiliki kehebatan atau kemampuan berlebih, segala keterbatasan kita dipakai-Nya untuk memberitakan kabar sukacita, kita sangat butuh pimpinan Roh Kudus karena tidak dapat berjalan sendiri memberitakan kebenaran Injil.
øHDJ

SATU MENIT …
Selasa, 30 Mei 2017

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.
(Yakobus 1:22)

Senantiasa dapat menjadi bijak selalu menjaga hati untuk waspada tidak terjebak sikap; arogan kesombongan diri, seolah kita nomor satu dan merasa menjadi paling benar, paling sempurna, paling dicintai Tuhan.
Bertindak menjadi pelaku kebenaran-Nya, belajar dan mendengarkan firman-Nya, agar hati nurani menjadi peka mampu membedakan pengajaran benar, pengajaran menyesatkan, pengajaran salah yang membuat kerdil pertumbuhan iman kita.
øHDJ

SATU MENIT…
Rabu, 31 Mei 2017

Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.
(Mazmur 139:3)

Keberadaan kita sangat terbuka dihadapan-Nya, tidak ada sesuatupun dapat tersembunyi dimata Allah, Dia tahu segala yang kita pikirkan yang kita perbuat, kita tidak pernah berjalan sendiri jika bersama Allah, Dia Mahahadir, Mahatahu, Dia memberikan perlindungan, pemeliharaan bagi setiap umat percaya.
øHDJ

No comments: